Halaman utama daerahkita.com
Halaman utama daerahkita.com
ulasan

AM-1 dan PC-816 V1 Inovasi Senapan Serbu Baru PT Pindad Bandung

DaerahKita 09/04/2023

Varian senapan serbu buatan PT Pindad (Persero) kini bertambah lagi. Sebelumnya, perusahaan sektor industri pertahanan nasional Indonesia yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, itu telah dikenal dengan produk senjatanya yang handal yaitu senapan serbu SS-1 dan SS-2. Pada tahun 2022, PT Pindad memperkenalkan hasil inovasi terbarunya yaitu senapan serbu yang dinamakan AM-1 dan PC-816 V1.

Pindad AM-1 merupakan senapan serbu kaliber 5.56 x 45 mm NATO dengan prinsip kerja Gas Operated & Piston. Senapan ini memiliki Panjang laras 14,5 Inchi dilengkapi dengan popor teleskopik yang bisa direntangkan ke belakang (ditarik).

Senapan serbu ini memiliki panjang total 881 mm pada keadaan popor terentang penuh dan 797 mm pada kondisi popor posisi normal. Sedangkan bobot senapan AM-1 adalah 3,25 kg, tergolong ringan dan memudahkan pengguna untuk mobilisasi dan mengoperasikan senjata. Bobot Pindad AM-1 yang ringan ini dimungkinkan berkat desain upper dan lower receiver AM-1 sangat pendek, berbeda dengan SS2. Mekanisme pada AM-1 lebih kecil, khususnya mekanisme piston pegas pengembalinya bisa sampai ke popor.

Dari segi desain, AM-1 menggunakan aim lock pada bagian hand guard untuk pengaplikasian aksesoris dan alat optik tambahan. Selain itu, AM-1 memiliki vertical grip untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan senapan serbu ini.

Bentuk dan modelnya terlihat mirip dengan senapan dari Amerika Serikat yaitu, Colt M4. Namun, meski menggunakan desain yang mirip, hal tersebut tidak akan menjadi masalah dikarenakan hak paten terhadap desain M4 sudah lama habis. Kemiripan ditunjukkan pada bentuk body receiver senjata ini yang memiliki posisi kokangan di sebelah atas bagian belakang dengan pistol grip berpola sehingga menambah kenyamanan user (pengguna).

Untuk senapan PC-816 V1, spesifikasinya yang tidak jauh berbeda dengan AM-1. Senjata ini memiliki kaliber 5.56 x 45 mm NATO. PC-816 V1 juga memiliki prinsip kerja Gas Operated & Piston. Mode penembakan pada senapan serbu ini terdiri dari Semi dan Auto dengan bobot 3,3 kg.

Senapan PC-816 V1 memiliki kapasitas magasin sebanyak 30 butir peluru dan memiliki Panjang total 802 mm pada kondisi popor normal dan 887 mm pada kondisi popor terentang penuh. Dilengkapi picatinny rail pada bagian handguard, PC-816 V1 memudahkan pengguna untuk mengaplikasikan berbagai aksesoris dan alat optik tambahan. Untuk versi standar, PC-816 V1 mengaplikasikan pisir dan pijera mekanis – flip up sebagai alat bidik.

Baik untuk AM-1 maupun PC-816 V1 telah diujicobakan penggunaan alat bidik optik hasil kerja sama dengan EOS-T, sebuah perusahaan asal Korea Selatan. Ujicoba dilakukan pada pada 6 Januari 2022. Produk alat bidik optik yang di uji itu terdiri dari Red Dot Sight, Laser Aiming Device, Magnifier, Serta Teleskop Bidik.

Tags teknologi saintek transportasi industri senjata senapan militer
Referensi:
  1. pindad.com
  2. www.suaramerdeka.com
  3. www.indomiliter.com




Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar