Halaman utama daerahkita.com
Halaman utama daerahkita.com
youtube

Jalan-jalan Keliling Kota Dengan Bus Tingkat Wisata Jakarta

DaerahKita 28/12/2022

Ingin menikmati wisata keliling kota Jakarta dengan naik bus tingkat gratis? Bisa lho, karena di Jakarta ada layanan bus tingat wisata yang disediakan untuk masyarakat umum tanpa dikenai biaya. Layanan itu dikenal sebagai Bus Wisata TransJakarta atau Jakarta Explorer Bus. Menariknya lagi di antara bus tingkat yang disediakan, ada sebagian yang bertipe atap terbuka sehingga bisa lebih leluasa memandang gedung-gedung pencakar langit yang megah dan spot-spot menarik lainnya di sepanjang jalan yang dilalui.

Bus tingkat wisata ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di kota Jakarta. Melintasi kawasan sejarah budaya hingga kawasan perbelanjaan. Bus wisata ini juga dilengkapi dengan audio yang menjelaskan latar belakang dari lokasi-lokasi yang disinggahi serta bus attendant (OnBoard) yang juga dapat memberikan penjelasan mengenai ikon–ikon kota Jakarta yang dilewati oleh bus tersebut.

Untuk menaiki bus wisata gratis berkeliling Jakarta ini caranya mudah. Sama seperti bus Transjakarta lainnya, kita cukup menunggu di beberapa halte yang dilewati dan jangan lupa untuk tap in dan tap-out dengan kartu pembayaran elektronik, tapi tanpa pengurangan saldo kartu elektronik kita.

Tak tanggung-tanggung, mengutip dari laman resmi transjakarta.co.id milik PT Transportasi Jakarta, operasi Bus Wisata (BW) yang disediakan oleh PT Transjakarta ini didukung oleh 22 bus wisata untuk melayani tujuh rute berbeda. Masing-masing rute memiliki tema wisata dan jam operasional yang berbeda juga. Berikut ini informasi tentang halte, rute, tema, dan jam operasional bus wisata Jakarta.

Nama RuteTemaRute HalteJadwal Operasional
Rute Bus Wisata 1 Sejarah Jakarta (History of Jakarta)
Rute Bus Tingkat Jakarta yang pertama ini akan membawa penumpang memasuki beberapa tempat bersejarah di Ibu Kota.
Juanda - Masjid Istiqlal - Monas 2 - Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) Monas - Balai Kota - Museum Nasional - Gedung Arsip - Museum Bank Indonesia (BI) - Museum BNI 46 - Masjid Jami Kebon Jeruk - Pasar Baru Hari Senin—Sabtu (Pukul 10.00-18.00) dan Minggu (Pukul 09.00—19.00)
Rute Bus Wisata 2 Jakarta Baru (Modern Jakarta)
Rute kedua ini akan membawa wisatawan untuk menyusuri sisi megah dan modern Kota Jakarta.
Monas 1 - Monas 2 - IRTI - Balai Kota - Sarinah - Plaza Indonesia (PI) - Menara Topas - Museum Nasional - Pecenongan - Pasar Baru - Juanda/Istiqlal Hari Senin — Sabtu (Pukul 10.00-18.00) dan Minggu (Pukul 12.00—19.00)
Rute Bis Wisata 3 Kesenian dan Kuliner (Art & Culinary)
Rute Bus Tingkat Jakarta selanjutnya cocok bagi wisatawan yang tertarik dengan kesenian dan kuliner khas Jakarta.
Monas 2 - IRTI - Balai Kota - Meseum Nasional - Gedung Arsip - Museum BI - BNI 46 - Masjid Kebon Jeruk - Pasar Baru - Juanda/Istiqlal Setiap Sabtu (Pukul 10.00—23.00)
Rute Bus Wisata 4 Pencakar Langit Jakarta (Jakarta Skyscrapers)
Kota Jakarta dikenal juga sebagai kota metropolitan yang memiliki gedung-gedung tinggi dan megah pencakar langit yang sangat indah dilihat. Rute ini cocok untuk yang ingin melihat kemegahan kota Jakarta.
Monas 1 - Monas 2 - Sarinah - IRTI - Balai Kota - Wisma Nusantara - Tosari 1 - Dukuh Atas 3 - Karet Sudirman 1 - GBK 1 - Bundaran Senayan 2 - FX Sudirman - GBK 2 - Aquatic Stadium - Istora - GBK Pintu 7 - Tosari 2 - Plaza Indonesia - Sarinah 2 - Museum Nasional - Pencenongan - Pasar Baru/GKJ - Juanda/Istiqlal Hari Senin—Sabtu (Pukul 10.00—18.00) dan Minggu (Pukul 12.00—19.00)
Rute Bus Wisata 5 Ruang Terbuka Jakarta (Jakarta Open Space)
Pada rute ini, Bus Tingkat Jakarta akan mengajak penumpang berkeliling ke beberapa tempat ruang terbuka yang terkenal.
Tosari - Bundaran HI - Sarinah - IRTI - Balai Kota - Sarinah - Tosari - Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo Hari Senin-Jumat (Pukul 10.00—18.00), Sabtu (Pukul 10.0—23.00), dan Minggu (Pukul 12.00—19.00)
Rute Bus Wisata 6 Cagar Budaya Jakarta (Jakarta Heritage)
Bagi penumpang yang ingin mengunjungi cagar budaya di Jakarta, bisa gunakan rute Jakarta Heritage ini.
Monas 2 - Monas 1 - IRTI - Balai Kota - Sarinah - Tosari - Makam Mbah Priok - Tosari - Bundaran HI - Sarinah - Juanda/Istiqlal. Hari Sabtu dan Minggu (Pukul 10.00—19.00)
Rute Bus Wisata 7 Belanja Jakarta (Jakarta Shopping)
Rute terakhir Bus Tingkat Jakarta ini akan memudahkan penumpang untuk menuju beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.
Sarinah 2 - IRTI, Balai Kota - Sarinah 1 - Wisma Nusantara - Tosari 1 - Dukuh Atas 3 - Karet Sudirman 1 - Lapangan Panahan - Plaza Sentral - Istora Senayan - Plaza Senayan - Senayan City - Karet Sudirman 2 - Dukuh Atas 4 - Stasiun Sudirman 2 - Tosari 2 - Plaza Indonesia Hari Senin—Jumat (Pukul 10.00—18.00) dan Sabtu (Pukul 10.00—22.00)

Naik Jakarta Explorer Bus untuk berkeliling kota akan memberikan sebuah pengalaman wisata baru dengan suasana unik seperti kembali ke zaman dahulu di mana bus tingkat masih banyak beroperasi. Namun jangan lupa sudah makan dan minum sebelum menaiki bus ini ya, karena tidak diperbolehkan untuk makan dan minum di dalam bus. Jadi tunggu apa lagi, mari kita coba wisata keliling kota menikmati suasana metropolitan Jakarta.

Tags wisata tur transportasi kendaraan infrastruktur bus travelling
Referensi:
  1. kumparan.com
  2. travel.okezone.com
  3. jakarta.go.id




Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar