ksmtour

Tajin Palappa, Bubur Bumbu Kacang Khas Situbondo

DaerahKita 20/05/2019

Jika Anda datang ke Situbondo, Jawa Timur, salah satu panganan yang wajib Anda cicipi adalah Tajin Palappa. Makanan ini aslinya berasal dari Madura. Dalam bahasa daerah Madura, Tajin artinya adalah Bubur, dan Palappa adalah Bumbu.

Makanan khas Madura ini bisa menjadi kuliner khas Kabupaten Situbondo karena sebagian besar masyarakatnya adalah pendatang dari Pulau Madura.



Berbeda dengan bubur ayam pada umumnya, bubur satu ini justru tidak menggunakan suwiran ayam sama sekali melainkan dilengkapi dengan sayuran. Tajin Palapa biasa disajikan dengan rebusan sayur kangkung dan tauge yang kemudian di atasnya dibubuhi bumbu kacang yang encer.

tribun
Tajin Palappa siap santap

Tajin Palapa akan semakin lezat disantap dengan bakwan goreng serta sambal. Cara penyajiannya, pertama tuang bubur di mangkuk, beri kangkung dan tauge, lalu siram bumbu pecelnya dan terakhir diberi irisan bakwan atau ote-ote.

Kuliner tradisional yang sudah dihidangkan secara turun-temurun ini menjadi salah satu hidangan sarapan wajib bagi warga setempat. Di Situbondo sendiri, Tajin Palappa banyak dijual di pinggir jalan oleh para pedagang kaki lima.

cookpad
Sajian lengkap Tajin Palappa

Jika anda sudah pernah ke Situbondo, pedangan kaki lima tersebut akan banyak ditemui di Jl. Kenanga, Jl. Cenderawasih, Jl. Semeru, dan lainnya. Anda juga bisa menemukan Tajin Palapa saat Pemda Situbondo mengadakan festival kuliner.

Tags makanan kuliner wisata panganan liburan
Referensi: Dari Berbagai Sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0