prokal

Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Alam di Kalimantan Utara

DaerahKita 13/07/2020

Indonesia memiliki 34 provinsi. Kalimantan Utara merupakan provinsi ke-34, atau merupakan provinsi termuda. Di wilayah ini terdapat berbagai potensi wisata, di antaranya adalah wisata alam. Kali ini akan dibahas 5 tempat wisata alam nan indah di provinsi yang beribukota di Tanjung Selor ini, di antaranya Pantai Amal, Pantai Tanah Kuning, Gunung Putih, Hutan Lindung Sungai Sesayap, dan Air Terjun Gunung Rian.

Berbagai moda transportasi dapat digunakan untuk menuju provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini. Misalnya jalur udara melalui Juwata International Air Port Tarakan dan Tanjung Harapan Airport, juga jalan darat melalui Terminal Bus Jalan Sei Bilal dan Terminal Jelarai. Berikut 5 tempat wisata yang disarankan untuk Anda kunjungi jika berkunjung ke Kalimantan Utara.

1. Pantai Amal, Wisata Pantai dan Kuliner

Tempat ini terletak di Pulau Tarakan, tepatnya di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Pantai Amal selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat maupun luar daerah hingga luar negeri sekalipun. Hal itu tampak seperti foto di atas. Saat cuaca sedang cerah, keindahan alam akan tampak secara jelas di pesisir pantai kawasan ini.

Wisata pantai ini memiliki keindahan air laut yang biru dengan pasirnya yang coklat dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa. Selain menyajikan keindahan alam, ada hal lain yang gak boleh kamu lewatkan saat berada di pantai ini. Pantai Amal mempunyai kuliner khas yang patut Anda cicipi, yaitu kapah.

seringjalan
Pantai Tanah Kuning

2. Pantai Tanah Kuning, Airnya Yang Bersih dan Penduduknya Yang Ramah

Pantai Tanah Kuning merupakan salah satu Tempat Wisata alam yang cukup populer di Provinsi Kalimantan Utara. Pantai ini terletak di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan. Untuk mendatangi lokasi Anda bisa memilih berbagai alternatif jalan, bisa melalui darat, laut, atau melalui sungai.

Pantai Tanah Kuning memiliki air yang bersih dan seolah kebiruan menyatu dengan warna langit. Pasirnya yang putih bersih akan tampak indah bila terkena pancaran sinar matahari. Selain dapat menikmati semua keindahan yang ditawarkan, setiap pengunjung juga akan mendapatkan sambutan yang ramah dari penduduk sekitar.

tripadvisor
Gunung Putih

3. Gunung Putih, Pahatan Alam Indah di Dinding Kapur

Gunung Putih inilah namanya, lokasinya berada di Desa Gunung Putih Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Disebut Gunung Putih karena gunung ini merupakan gunung kapur berwarna putih yang sangat indah dengan relief-relief yang alami bak pahatan seorang seniman.

Keindahan Gunung Putih memang sangat natural. Kita disuguhi keindahan pemandangan yang menyejukan mata, ada sungai kecil disisi gunung, kemudian bebatuan yang ukuran cukup besar serta pemandangan hijau yang menyenangkan. Tempat ini selain sebagai Tempat Wisata, ternyata juga bisa berfungsi sebagai lokasi olah-raga yang tepat.

ksmtour
Hutan Lindung Sungai Sesayap

4. Hutan Lindung Sungai Sesayap, Susur Sungai di Tengah Hijaunya Alam

Kalimantan Utara juga memiliki sebuah hutan lindung yang eksotis, namanya Hutan Lindung Sungai Sesayap. Anda bisa mengeksplornya dengan mengunjungi Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara. Tempat Wisata alam di Tanah Tidung ini dapat anda dinikmati dengan berlayar di Sungai Sesayap menggunakan perahu yang disediakan penduduk disana. Keindahan pemandangan alam dan pepohonan rimbun yang tumbuh subur hingga dapat dinikmati disepanjang sungai saat Anda berlayar.

korankaltara
Air Terjun Gunung Rian

5. Air Terjun Gunung Rian, Air Jernih di Tengah Hutan

Dinamakan Air Terjun Rian karena lokasinya terletak di Kampung Rian, Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tanah Tidung (KTT), Kalimantan Utara. Tempat Wisata ini memberikan suguhan alam yang begitu indah, dengan air jernih yang mengalir memberikan nuansa kesegaran yang luar biasa. Di sekeliling air terjun merupakan hutan tropis dengan vegetasi yang beragam. Air Terjun Rian ini tingginya sekitar 90 meter sampai ke puncaknya dan jatuh melalui bebatuan terjal gunung rian yang terdiri dari 7 tingkatan, namun hanya tingkat 1 dan 2 saja yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Tags wisata alam borneo pantai gunung hutan air terjun liburan
Referensi:
  1. ksmtour.com
  2. Dari berbagai sumber






Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0