viapendaki

20 Gunung Tertinggi di Jawa Barat

DaerahKita 07/05/2019

Jawa Barat memiliki banyak gunung, baik yang masih aktif sebagai gunung berapi maupun yang tidak aktif lagi. Tidak selalu berdampak buruk, keberadaan gunung berapi juga membawa dampak yang baik, misalnya material hasil letusan gunung berapi yang tersebar membuat tanah di Jawa Barat menjadi subur, kaya akan mineral dan zat lainnya yang baik untuk berbagai macam tumbuhan.



Selengkapnya daftar dua puluh gunung tertinggi di Jawa Barat sesuai urutan ketinggiannya adalah sebagai berikut.

1. Gunung Ciremai

Gunung berapi aktif ini berada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Majalengka. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Puncaknya mencapai ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Gunung Pangrango

Gunung tertinggi kedua di Jawa Barat ini berstatus tidak aktif. Puncaknya berada di ketinggian 3.019 mdpl. Gunung Pangrango berada di wilayah Kabupaten Cianjur.

3. Gunung Gede

Memiliki ketinggian mencapai 2.958 mdpl, Gunung Gede berada di posisi ketiga dalam daftar gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung berapi yang berstatus aktif ini berada di Kabupaten Cianjur.

4. Gunung Cikurai

Gunung yang berada di Kabupaten Garut ini merupakan gunung yang tidak aktif. Dengan ketinggian mencapai 2.821 mdpl, Gunung Cikurai menduduki posisi keempat gunung tertinggi di Jawa Barat.

kelanaku
Gunung Papandayan

5. Gunung Papandayan

Status Gunung Papandayan adalah gunung berapi aktif. Gunung yang berada di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 2.665 mdpl.

6. Gunung Patuha

Gunung berapi aktif ini berada di Kabupaten Bandung. Ketinggian Gunung Patuha mencapai 2.436 mdpl.

7. Gunung Malabar

Di Kabupaten Bandung terdapat Gunung Malabar yang statusnya sudah tidak aktif lagi. Ketinggian gunung ini adalah 2.321 mdpl.

8. Gunung Guntur

Gunung Guntur adalah salah satu gunung yang berada di Kabupaten Garut. Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian mencapai 2.249 mdpl.

pendakigunung
Gunung Salak

9. Gunung Salak

Tidak terlalu jauh dari Jakarta, sekitar 60 km mengarah ke selatan, berdiri kokoh Gunung Salak dengan ketinggian mencapai 2.211 mdpl. Gunung berapi aktif ini tepatnya berada di Kabupaten Bogor.



10. Gunung Bukit Tunggul

Dengan ketinggian mencapai 2.203 mdpl, Gunung Bukit Tunggul berada di urutan kesepuluh gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung yang berada di Kabupaten Bandung ini statusnya tidak aktif. Ketinggian gunung ini mencapai 2.203 mdpl.

11. Gunung Telaga Bodas

Satu lagi gunung di Kabupaten Garut yang masuk ke dalam daftar 20 gunung tertinggi di Jawa Barat adalah Gunung Telaga Bodas. Ini karena ketinggiannya mencapai 2.201 mdpl. Gunung ini termasuk gunung yang statusnya tidak aktif.

12. Gunung Kancana

Gunung Kencana merupakan gunung berstatus tidak aktif. Gunung dengan ketinggian mencapai 2.182 mdpl ini berada di Kabupaten Bandung.

13. Gunung Wayang

Berikutnya adalah Gunung Wayang yang berada di Kabupaten Bandung. Gunung berapi ini memiliki ketinggian mencapai 2.181 mdpl dan statusnya masih aktif.

14. Gunung Galunggung

Pada tahun 1982 terjadi letusan besar Gunung Galunggung yang masih berstatus aktif ini. Galunggung berada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan memiliki ketinggian mencapai 2.168 mdpl.

galeriwisata
Gunung Tangkuban Perahu

15. Gunung Tangkuban Parahu

Walaupun masih berstatus aktif, Gunung Tangkuban Parahu tetap mejadi salah satu obyek wisata favorit di Jawa Barat. Ketingggiannya mencapai 2.084 mdpl. Tangkuban Parahu berada di Kabupaten Bandung.



16. Gunung Masigit

Gunung yang sudah tidak aktif lagi ini memiliki ketinggian 2.078 mdpl. Gunung Masigit berada di wilayah Kabupaten Bandung.

17. Gunung Burangrang

Termasuk gunung yang berstatus tidak aktif, Gunung Burangrang terletak di wilayah Kabupaten bandung. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.064 mdpl.

18. Gunung Windu

Ketinggian Gunung Windu mencapai 2.054 mdpl. Gunung berapi aktif ini berada di wilayah Kabupaten Bandung.

19. Gunung Tilu

Gunung yang juga berada di wilayah Kabupaten Bandung ini ketinggiannya mencapai 2.040 mdpl. Gunung Tilu merupakan gunung yang statusnya tidak aktif.

20. Gunung Halimun

Satu lagi gunung yang berada di Kabupaten Bogor adalah Gunung Halimun. Gunung yang statusnya tidak aktif ini memiliki ketinggian mencapai 1.929 mdpl.

Tags gunung data informasi fakta alam edukasi geografi
Referensi: Dari berbagai sumber





Semua Komentar
    Belum ada komentar
Tulis Komentar

Upah Minimum Provinsi (UMP) Terbaru

UMP 2019 Hasil Pencarian
UMP 2018 Hasil Pencarian
Kenaikan (%) Perubahan

Game Suwit Jawa v2.0